Profil Sekolah

Selasa, 17 Februari 2015

Pelatihan Kurikulum dan Bedah RPP Lingkungan Hidup

Pelatihan kurikulum dan bedah rpp yang berkaitan dengan lingkungan hidup ini adalah salah satu kegiatan yang direncanakan untuk diadakan secara berkala setiap 2 bulan sekali. Kegiatan ini bertujuan agar para guru mempunyai wadah untuk sharing kegiatan pembelajaran yang biasa dilaksanakan di dalam kelas, sekaligus sebagai sarana untuk mengarahkan guru agar melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis lingkungan hidup.
Pelatihan kurikulum dan bedah RPP ini dalam setiap tahapnya dilakukan sebanyak 3x, dengan pembagian peserta berdasarkan tinggi rendahnya kelas dan konsentrasi bidang study. Misalkan Minggu pertama kegiatan, di fokuskan untuk pembahasan materi RPP kelas 1,2, dan 3, untuk minggu kedua difokuskan pembahasan materi RPP kelas 4,5, dan 6, untuk pembahasan materi RPP terkait bidang study di fokuskan di minggu ke-3.
Kegiatan pelatihan kurikulum dan bedah RPP yang telah dilaksanakan berfokus pada materi kelas 1, 2, dan 3. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 29 Januari 2014 dengan peserta adalah wali kelas 1, 2, dan 3 dari SDN Limusnunggal 01 selaku tuan rumah, SDN CIbeureum dan SDN PAsir Angin 3 selaku Sekolah Pengimbasan Program Adiwiyata.

Pelatihan kurikulum dan bedah RPP untuk kelas 1,2, dan 3 ini dimulai pada pukul 13.00 WIB. Sedangkan pengisi kegiatan ini adalah Bapak Khairul Umur selaku perwakilan dari tim Provisi Education. Di awal kegiatan, pemateri memberikan beberapa ice breaking, dimaksudkan agar guru-guru merasa fresh untuk mengikuti kegiatan ini, setelah itu peserta rapat diarahkan untuk membuat berbagai contoh kegiatan pembelajaran terutama yang berkaitan dengan lingkungan, baik yang sudah pernah dilakukan ataupun yang ingin dilakukan dengan post it yang kemudian ditempelkan di depan kelas. Setelah itu pemateri membagi kelompok peserta berdasarkan tingkatan kelasnya. Seluruh wali kelas 1 berkumpul, demikian juga untuk wali kelas 2, dan 3. Peserta yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok tersebut kemudian mendapatkan potongan SK dan KD sesuai dengan tingkatan kelasnya masing-masing. Dari sinilah pemateri meminta seluruh peserta membuat RPP berdasarkan SK, KD yang sudah didapatkan dan dihubungkan dengan rencana kegiatan pembelajaran yang di awal sudah direncanakan oleh para guru. Kegiatan ini berakhir pukul 16.00 WIB.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar