Profil Sekolah

Selasa, 17 Februari 2015

Grebeg Lingkungan


“…..semakin ku bagi ilmu pengetahuan yang kupunya, semakin ku paham”
Grebeg Lingkungan adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh SDN Limusnunggal 01 secara berkala. Tujuan adanya kegiatan ini adalah mengenalkan dan mengajak orang lain di sekitar lingkungan untuk lebih aware dan peduli dengan lingkungan. Pada tanggal 23 Januari 2015 tepatnya bakda sholat jumat, SDN Limusnunggal 01 yang di wakili oleh Kepala Sekolah, Guru, Tim Sahabat Hijau, dan tim provisi mengadakan Grebeg Lingkungan ke salah satu SD imbasan, yaitu SDN Cibeureum.
SD Cibereum ini terletak di Kampung Cibeureum RT 04/05 Jalan Samick Indonesia Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Perjalanan tim Grebeg Lingkungan ke SD Cibeureum ditempuh kurang lebih 15 menit dengan menggunakan 2 mobil. Adapun beberapa gambaran tugas yang dilakukan oleh tim grebeg lingkungan terbagi menjadi 3, yakni 1) perwakilan tim khusus sahabat hijau mengadakan sosialisasi mengenai sampah kepada teman-temannya kelas 4 dan 5, dimulai dari pengertian sampah, perbedaaan antara sampah organic dan non organic beserta contohnya, hingga aksi memungut sampah disekitar sekolah yang langsung dipilah sesuai dengan jenisnya. 2) Aksi perwakilan guru, yang kali ini diwakili oleh Pak Jaja dan pak Sunardi adalah sharing ilmu dan praktek bersama guru mengenai cara membuat mol, juga pupuk dari bahan alam yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir hama-hama tanaman, dan praktek membersihkan WC Kamar mandi dengan Silia, juga ilanjutkan dengan menanam pohon di halaman sekolah. 3) perwakilan guru, yaitu Bu Sri dan beberapa murid mengajarkan bagaimana cara membuat gantungan pot dari tali koor.

Kegiatan grebeg lingkungan di SDN CIbeureum ini berakhir pada pukul 16.30 WIB. Ditutup dengan kegiatan menanam pohon bersama di halaman sekolah dan penanda tanganan surat MOU kerjasama antara SDN Limusnunggal 01 dan SDN Cibeureum sebagai salah satu sekolah imbasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar