Profil Sekolah

Selasa, 17 Februari 2015

Sahabat Hijau Kembali Beraksi

Program sahabat hijau adalah salah satu kegiatan ekskul yang dibentuk dalam rangka membiasakan para siswa untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya. Pada tahun 2015 ini, dibentuklah tim khusus Sahabat Hijau yang berjumlah 30 orang, perwakilan dari kelas 4,5, dan 6. Adapun tugas dan kewajiban dari tim khusus sahabat hijau ini secara garis besar terbagi menjadi 3, yaitu mengisi kegiatan 5 menit lebih hijau, mengkoordinir ayo bersih-bersih, dan kampanye kebersihan, baik di sekolah SDN Limusnunggal 01 maupun dalam grebeg lingkungan.
Gambaran kegiatan 5 menit lebih hijau adalah kegiatan pembacaan motto, visi,dan misi serta penyampaian beberapa informasi ringan oleh tim khusus sahabat hijau kepada seluruh siswa mulai dari kelas 1 sampai 6 dengan metode masuk ke masing-masing kelas setiap selesai bel tanda masuk. Untuk nama petugas beserta jatah kelasnya sudah di bentuk jadwal. Sedangkan gambaran kegiatan ayo bersih-bersih adalah sebagai berikut, 1 orang tim khusus akan mengkoordinir peserta piket harian dari masing-masing kelas untuk membersihkan lingkungan sekitar sekolah, misalkan toilet, halaman depan sekolah, taman belakang sekolah, juga gang masuk ke sekolah. Setiap kali mengkoordinir kegiatan ayo bersih-bersih ini, setiap orang dari tim khusus akan diberi lembar kegiatan harian juga lembar penilaian, yang nantinya akan digunakan untuk menilai tim piket harian yang paling bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.

Sedangkan kegiatan kampanye kebersihan ini akan dilakukan secara berkala setiap sebulan sekali, demikian juga untuk kegiatan Grebeg Lingkungan, tim khusus Sahabat Hijau yang sebelumnya sudah di briefing akan melakukan kampanye kebersihan ke lokasi-lokasi yang menjadi target Grebeg Lingkungan, misalkan dengan cara menjelaskan perbedaan sampah organic dan anorganik, bagaimana cara memilahnya, dan juga pengertian dan contohnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar